Mengenal Kanker Payudara - Pembunuh Wanita

Mengenal Kanker Payudara

Kanker dimulai ketika sel-sel mulai tumbuh di luar kendali. Sel di hampir setiap bagian dari tubuh dapat menjadi kanker, dan dapat menyebar ke area lain dari tubuh. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana semua kanker mulai menyebar dan, melihat Apakah Kanker?

Kanker payudara adalah tumor ganas yang dimulai di sel-sel payudara. Sebuah tumor ganas adalah sekelompok sel-sel kanker yang dapat tumbuh menjadi (menyerang) jaringan sekitarnya atau menyebar (metastasis) ke daerah yang jauh dari tubuh. Penyakit ini terjadi hampir seluruhnya pada wanita, tetapi pria bisa mendapatkannya juga.

Informasi ini hanya mengacu pada kanker payudara pada wanita. Untuk informasi tentang kanker payudara pada pria, melihat Kanker Payudara di Men.

Payudara yang normal

Untuk memahami kanker payudara, hal ini membantu untuk memiliki pengetahuan dasar tentang struktur normal payudara, ditunjukkan dalam diagram di bawah ini.

Payudara wanita terdiri terutama dari lobulus (kelenjar penghasil susu), saluran (tabung kecil yang membawa susu dari lobulus ke puting), dan stroma (jaringan lemak dan jaringan ikat yang mengelilingi saluran dan lobulus, pembuluh darah, dan pembuluh limfatik).

Kebanyakan kanker payudara dimulai di sel yang melapisi saluran (duktus kanker). Beberapa dimulai pada sel-sel yang melapisi lobulus (lobular kanker), sementara sejumlah kecil mulai di jaringan lain.

Getah bening (limfatik) sistem payudara

Sistem getah bening adalah penting untuk memahami karena merupakan salah satu cara kanker payudara dapat menyebar. Sistem ini memiliki beberapa bagian.

Kelenjar getah bening yang kecil, koleksi berbentuk kacang sel sistem kekebalan (sel yang penting dalam memerangi infeksi) yang dihubungkan oleh pembuluh limfatik. Pembuluh limfatik seperti pembuluh darah kecil, kecuali bahwa mereka membawa cairan bening yang disebut getah bening (bukan darah) dari payudara. Bening berisi cairan jaringan dan produk-produk limbah, serta sel-sel sistem kekebalan tubuh. Sel-sel kanker payudara dapat memasuki pembuluh limfatik dan mulai tumbuh di kelenjar getah bening.

Pembuluh limfatik yang paling di payudara terhubung ke kelenjar getah bening di bawah lengan (node ​​aksila).Beberapa pembuluh limfatik terhubung ke kelenjar getah bening di dalam dada (node ​​mamaria interna) dan atas atau di bawah tulang selangka (supraklavikula atau node infraklavikula).

Jika sel-sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, ada kemungkinan tinggi bahwa sel-sel bisa juga masuk ke aliran darah dan menyebar (metastasis) ke situs lain dalam tubuh. Kelenjar getah bening lebih dengan sel kanker payudara, semakin besar kemungkinan itu adalah bahwa kanker dapat ditemukan di organ lain juga. Karena itu, menemukan kanker pada satu atau lebih kelenjar getah bening sering mempengaruhi rencana perawatan. Namun, tidak semua wanita dengan sel-sel kanker di kelenjar getah bening mereka mengembangkan metastasis, dan beberapa wanita dapat memiliki sel kanker di kelenjar getah bening dan kemudian mengembangkan metastasis.

Benjolan jinak payudara

Kebanyakan benjolan payudara tidak bersifat kanker (jinak). Namun, beberapa mungkin perlu dibiopsi (sampel dan dilihat di bawah mikroskop) untuk membuktikan bahwa mereka bukan kanker.

Fibrosis dan kista

Kebanyakan benjolan ternyata disebabkan oleh fibrosis dan / atau kista, perubahan jinak di jaringan payudara yang terjadi pada banyak wanita pada suatu saat dalam kehidupan mereka. (Ini kadang-kadang disebut perubahan fibrokistik dan dulu disebut penyakit fibrokistik.) Fibrosis adalah pembentukan bekas luka seperti (berserat) jaringan, dan kista kantung berisi cairan. Kondisi ini paling sering didiagnosis oleh dokter berdasarkan gejala, seperti benjolan payudara, pembengkakan, dan nyeri atau sakit. Gejala ini cenderung lebih buruk sebelum periode menstruasi wanita akan segera dimulai. Payudaranya mungkin merasa kental dan, kadang-kadang, dia mungkin melihat debit puting yang jelas atau sedikit berawan.

Fibroadenoma dan papiloma intraductal

Tumor payudara jinak seperti fibroadenoma atau papiloma intraductal adalah pertumbuhan abnormal, tetapi mereka tidak kanker dan tidak menyebar di luar payudara ke organ lain. Mereka tidak mengancam nyawa.

Namun, beberapa kondisi payudara jinak penting karena wanita dengan kondisi ini memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Untuk informasi lebih lanjut lihat bagian "Apa faktor risiko untuk kanker payudara?" dan informasi kami pada Kondisi Payudara Non-kanker.

Benjolan Tumor Payudara Bisa Sembuh Total Tanpa Operasi